Cara menyablon tas, kain

Media sablon banyak macamnya antara lain kain, kertas, kaca, gelas, kaos dan lain-lain. namun dalam pembahasan kali ini yang akan kami sampaikan adalah cara menyablon dengan media kaos (kain). sebelum melangkah ke proses menyablon (praktik menyablon) ada baiknya kita mengenal alat-alat yang akan digunakan dan bahan yang dipakai.

Cara menyablon itu banyak sekali cara maupun tekhniknya, serta banyak juga macam media yang digunakan, misalnya sablon diatas media, kertas, kain, kanvas, kaca, kaos dll.

Cara menyablon tas, kain

Disini www.taskanvaspolos.com akan menjelaskan proses sablon diatas kain, adapun peralatan yang harus disiapkan antara lain:

ALAT

  1.  Screen
  2. Rakel
  3. Sendok
  4. Tempat cat
  5. Hair dryer
  6. Lampu (untuk pembuatan film dimalam hari)
  7. Kaca bening
  8. Papan
  9. Busa tebal
  10. Meja sablon
  11. Isolasi
  12. Semprotan air
  13. Tripleks (alas)

BAHAN

  1. Film (gambar)
  2. Cat (fasdy, rubber)
  3. Obat afdruk (Ulano TS, atau Potoshol TS)
  4. Obat hapus (Remover)
  5. Pigment (pewarna)
  6. Lem

CARA MEMBUAT FILM:

Sebelum melakukan pembuatan film di screen siapkan dulu desain yang sudah diprint di kertas kalkir,  atau dikertas HVS namun harus diberi minyak goreng dulu agar kertas bisa transparant.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Screen bagian luar dan dalam diolesi dengan obat afdruk sampai rata dan tipis

 

 

 

 

 

 

 

2. Screen  yang telah rata diolesi obat kemudian dikeringkan menggunakan hair dryer dengan rata bagian depan dan belakang sampai  benar-benar kering.

3. Setelah screen kering,  kemudian film  diletakkan di atas screen bagian luar dengan posisi terbalik

4. Landasi screen dengan busa lalu film dipres dengan kaca. kemudian disinari dengan cahaya matahari +- 15 detik  (bila cahaya matahari sedang cerah/panas), atau menyesuaikan.

 

 

 

 

 

 

 

5. Setelah proses penyinaran lepaskan busa, kaca, dan film.

6. Kemudian screen dicuci dengan air, jika ada bagian yang belum tembus semprot bagian dengan air hingga gambar terlihat jelas.

 

 

 

 

 

 

 

7. Keringkan  screen dengan hair dryer hingga benar-benar kering, tujuannya agar afdrukan film semakin kuat untuk disablon berkali-kali.

8. Tempelkan Isolasi dibagian pinggir screen dalam maupun bagian luar, agar cat tidak menyebar dibagian yang tidak diinginkan.

 

 

 

 

 

 

 

PROSES SABLON

Siapkan media yang akan disablon, yakni sbg contoh kain, kain diberi alas triplek yang ada lemnya sebagai   perekat supaya sewaktu disablon gambar tidak berubah.

  1. Letakkan dan atur screen di atas media (kaos) sesuai keinginan.
  2. Siapkan cat sesuai warna yang diinginkan, yaitu dengan mencampur cat (rubber ) dengan pigmen.
  3. Tuangkan cat di screean

 

 

 

 

 

 

 

4. Ratakan cat yang ada discreen dengan rakel

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasilnya setelah rata seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mendapatkan hasil sablonan yang maksimal kain yang sudah ada tinta sablonnya harus dipress dengan mesin press atau dengan cara distrika agar tinta sablon rata dan menyatu dengan kain.

Video Sablon

Pencarian Terbaru:

cara menyablon tas.cara menyablon kain.cara menyablon.sablon kain kanvas.kertas kalkir.cara membuat meja sablon.alat sablon tas.cara sablon.kertas kalkir untuk sablon.cara membuat film sablon..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv